Kamis, 11 April 2013

Kesempatan

Tak heran jika tiap tiap hari kita selalu dipertemukan dengan masalah dan berbagai tekanan, ada orang bijak yang berkata "Hidup adalah masalah, kalo tak ingin punya masalah, ya jangan hidup". Kalimat itu memaparkan bahwa dalam hidup kita pasti dijumpakan dengan berbagai hal yang biasa kita sebut "masalah". Entah itu masalah pribadi, pekerjaan, sekolah, keluarga, dll.

Tidak banyak dari manusia berusaha untuk menghindari masalah, ada juga yang tengah menghadapi masalah. Seolah-olah tak akan ada habisnya permasalahan yang kita hadapi.
Namun bila kita berpandangan lebih luas. Apakah benar ini adalah sebuah masalah??
Pasti banyak diantara kita yang langsung menjawab "oh, pastilah!!" cobalah kita melihat dari sisi lain, sebuah peermasalaha muncul bukan untuk menghalangi, namun sebaliknya, dengan menghadapi berbagai permasalahan kitapun "berpengalaman" dalam menghadapi masalah-masalah lain yang mugkin akan datang kembali.

Masalah disamping itu juga adalah bukan hal yang sial dimana kita diuji kesabaran kita. Apakah benar demikian?? bukan menguji kesabaran kita, tapi malah kesempatan bagi kita. Lho kok kesempatan? kesempatan apa? Kita sebagai manusia pada hakekatnya selalu ingin menjadi lebih baik, inilah kesempatan bagi kita, dalam keadaan terjepit dan terdesak kita memiliki kesempatan untuk menambah dan memperpanjang batas kesabaran kita, semakin panjang kesabaran yang kita miliki, semakin banyak masalah masalah yang akan terbereskan dengan kesabaran kita.

Selalu berusaha sabar disegala situasi, karena bukan situasi yang menentukan kita, tapi kitalah yang seharusnya mengendalikan situasi. bukan keadaan yang mempengaruhi kita, tapi kitalah yang seharusnya mempengaruhi keadaan menjadi sebuah waktu dan tempat yang nyam bagi kita dan orang lain khususnya. Tak ada yang memungkiri kesabaran adalah hal yang sulit, tapi bagaimana kita tahu jika kita hanya berdiam diri dan tidak mencoba unutk menan=mbah kesabaran??

Menang atas keadaan dan emosi adalah kemenangan sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar